×

Batu Ini Ternyata Perangkat Spionase Israel

ISRAEL terus mempercanggih perangkat spionase mereka. Mulai dari teknologi sampai desain yang mereka buat mirip dengan batuan alam. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah perangkat spionase Israel yang disamarkan dengan batu di Libanon selatan pada Rabu (30/9/2015).

“Tentara kami menemukan sebuah perangkat mata-mata Israel mirip batu yang terhubung dengan kabel listrik. Seorang ahli militer tiba di tempat kejadian lalu membongkar perangkat tersebut,” kata Direktorat Umum Komando Angkatan Darat Libanon.





Ia menambahkan, tentara Lebanon segera memulai penyelidikan terkait masalah ini.

Perangkat ini ditemukan di distrik kota selatan Bani Hayan. Perangkat berbentuk batu itu terhubung ke 4 baterai listrik besar. Juga dilengkapi kamera tersembunyi dan beberapa perangkat transmisi.

Ini bukan pertama kalinya ditemukan perangkat mata-mata Israel berbentuk batu palsu di Lebanon. Sebelumnya pada bulan Desember 2010 tentara Libanon melaporkan mereka telah menemukan dan membongkar perangkat mata-mata buatan Israel yang canggih. Perangkat ini juga disamarkan dan di pegunungan Sannine dan Barouk, utara dan selatan ibukota Beirut. [sm/islampos]