×

INDAH nan MEGAH : Nuansa Nabawi di Masjid Agung Trans Studio Bandung




Masjid Agung Trans Studio Bandung (TSB) berdiri megah. Rumah ibadah seluas 4.000 meter persegi bergaya Timur Tengah ini menjadi oase di tengah-tengah pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi.

"Nuansanya mirip Masjid Nabawi," kata Agung Cahyadi, arsitektur Masjid Agung TSB.

Agung menyampaikannya sewaktu berbincang bersama detikcom di Masjid Agung TSB, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (10/7/2015). Lokasi masjid berlantai dua ini berada di kawasan TSB dan Trans Studio Mall (TSM).


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcijgKi5sTTI57_WuNW6Cfh54imlCGzzrorffh_E-P1XvyYkHtf2yj6hm6HvqdqCcXPTchFYmAjH3RrEAs67cGwWNyvWTaKh8gB_jC0ypK2y22rJDF5yq0IKf9g0Hac1_umphjXc0L8HK0/s1600/IMG_20150420_203720.jpg


Menurut Agung, konsep masjid modern yang mengadopsi ala Timur Tengah ini berdasarkan arahan Chairul Tanjung (CT), selaku pemiki CT Corp. Dia langsung menerawang guna mewujudkan desain Masjid Agung TSB yang kental dengan sentuhan Masjid Nabawi.

Butuh tiga bulan bagi Agung merancang masjid tersebut. "Waktu itu saya disuruh Pak CT pelajari buku soal Masjid Nabawi. Pak CT paling suka Nabawi," ujar Agung yang gabung Trans Properti ini.

Dia menjelaskan, bangunan Masjid TSB yang persis karakter Nabawi terletak pada bagian pilar marmer di dalam masjid, kepala pilar dan relung tembok jendela. "Bagian mihrab dan pintu utama masjid juga seperti di Nabawi," ujar Agung.

Bangunan Masjid Agung TSB mulai dikerjakan pada 15 Maret 2013. Pengerjaannya tuntas atau mulai difungsikan pada 26 November 2014. Pada Jumat 10 Juli 2015 ini Masjid Agung TSB diresmikan CT yang rencananya dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.





Sejarah, Konstruksi dan Kegiatan

 
1. Sejarah Masjid Agung Trans Studio Bandung
 
Masjid Agung Trans Studio Bandung , pembangunannya dimulai pada pertengahan Maret 2013 dengan Ground Breaking pemancangan Tiang Pancang perdana.

 2. Konstruksi Bangunan Masjid
 
2.1 Masjid terdiri dari 3 lantai meliputi :
a. Lantai Dasar  dipergunakan sebagai tempat Sholat Utama
b. Lantai Mezanine dipergunakan sebagai tempat Sholat Sekunder
c. Lantai Basement dipergunakan sebagai Ruang Serbaguna
2.2 Bangunan ini menggunakan  sbb :
a. Struktur bawah : - Pondasi : Tiang pancang  beton, Dinding Penahan tanah betonee
b. Struktur atas : Kolom, Balok dan plat lantai menggunakan beton
c. Struktur kubah : beton
d. Finishing Facade  : Marmer, Granit, Grc, Kuningan, Andesit
e. Interior : Marmer, Gypsum, Fibros, Kuningan, Metal
f. Finishing Kubah : Mozaik
 
3. Kegiatan Masjid
 
a. Pada bulan Ramadhan 1435 H / sekitar akhir Juni 2014 ,  pekerjaan Struktur utama sudah selesai dan pekerjaan Finishing sedang berlangsung,  kami telah mengadakan  Sholat Tarawih sebulan penuh.
Adapun untuk siang hari pekerjaaan proyek tetap berlangsung.
b. Saat ini sudah dilaksanakan pengajian yang diselenggarakan oleh beberapa majelis taklim.
c. DKM melalui bidang Da'wah telah menyelenggarakan secara rutin pengajian setiap hari Senin dan Kamis ba'da sholat Magrib.
d. Kegiatan terakhir tgl. 20 April 2015 telah dilaksanakan acara MUI award yang diselenggarakan oleh MUI kota Bandung dan di dukung oleh DKM Masjid Agung Trans Studio Bandung dan beberapa Majelis Taklim.



Sumber : http://news.detik.com/berita/2965859/nuansa-nabawi-di-masjid-agung-trans-studio-bandung