×

Masya Allah, Jamaah Shalat Subuh di Masjid ITS Kalahkan Jamaah Shalat Jum’at

ADA yang tidak biasa dengan kondisi Masjid Manarul Ilmi ITS, Sabtu subuh (29/8/2015). Sekitar 5000 mahasiswa ITS, dosen, karyawan, dan berbagai elemen akademisi lainnya memenuhi masjid Manarul Ilmi ITS. Ya, pada hari itu, Rektor Prof. Ir. Joni Hermana menginisiasi Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di Masid Manarul Ilmi.

Dengan hashtag #ITSCintaSubuh, gerakan yang dikawal oleh JMMI ITS sebagai lembaga dakwah kampus ini diinisasi bersamaan dengan event GERIGI ITS 2015, yaitu ospek tingkat universitas yang diselenggarakan BEM ITS.






Sekitar pukul 03.00, mahasiswa baru ITS angkatan 2015 sudah terlihat mulai berdatangan, dan masjid sudah penuh sesak pada pukul 04.00 WIB.

Saking banyaknya, bahkan jamaah sampai membeludhak ke tempat parker utara Masjid Manarul Ilmi. Panitia akhirnya menyediakan alas untuk menampung banyaknya jamaah tersebut. Padahal biasanya saat shalat Jum’at, jamaah Masjid Manarul Ilmi tidak sampai meluber ke parkiran.

Jamaah Shalat Subuh Masjid Manarul Ilmi ITS Membludak

Dalam sambutannya, Prof. Joni Hermana menyatakan bahwa ia berharap gerakan ini dapat menjadi penyadaran bagi mahasiswa ITS untuk terus mengawali segala aktivitas pagi dengan Shalat Subuh berjamaah ke Masjid.

“Saya berharap nanti mahasiswa ITS dapat mengawali aktivitas paginya dengan berjamaah ke masjid. Sebab dalam hadis disebutkan, seandainya umat Rasulullah mengetahui keutamaan Shalat Isya’ dan Shalat Subuh berjamaah  maka pastilah ia akan menuju ke masjid sekalipun merangkak,” ujar Prof. Joni Hermana dalam sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustadz Budi Azhari yang merupakan pengisi acara Khalifah di Trans 7. Dalam tausiyahnya, beliau menerangkan tentang sejarah Umar bin Khottob yang dilantik menjadi Khalifah saat ba’da Subuh.

“Lihatlah betapa luar biasa keberkahan waktu subuh. Khalifah Umar bin Khottob pada masa lampau dilantik menjadi Khalifah bakda Shubuh. Hasilnya selama 10 tahun berkuasa, wilayah Islam berkembang luas dan pesat. Bahkan disebut-sebut saat itu Umar adalah penegak keadilan terbaik setelah masa Rasulullah. Begitulah berkah waktu Shubuh,” ujar Ustadz Budi.

Acara selesai sekitar pukul 06.00, kemudian seluruh mahasiswa baru ITS langsung mendapatkan sarapan gratis yang diselenggarakan panitia ITS Cinta Subuh. Usai sarapan, mahasiswa baru ITS kemudian melanjutkan acara GERIGI ITS seperti biasa. [Mushoniffun/Islampos]