×

Mesjid Termegah di Moskow Rusia Tampung 10.000 Jamaah



Masjid Agung Moskow merupakan bangunan tiga lantai yang mampu menampung 10 ribu jamaah. Masjid ini menggantikan masjid dua lantai yang dibangun pada 1904, yang hanya menampung 1.000 orang.

''Akhirnya Moscow menjadi Kota Muslim terbesar di Eropa dan memiliki masjid besar,'' kata Aleksei Malashenko, ahli Islam di Pusat Carnegie Moscow. ''Ini menandakan pula sebagai pusat kehidupan Islam Federasi Rusia di Moskow,'' lanjutnya.

Associated Press mengabarkan, Rabu (23/9/2015) itu, Presiden Rusia Vladimir Putin Putin didampingi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas meresmikan masjid itu.

Tercatat 1,6 juta kaum Muslim bermukim di Moscow. Menyaingi jumlah kaum Muslim di Paris dan Uni Eropa yang berkisar antara 1,2 juta hingga 1,7 juta umat Islam. Perayaan Idul Adha hari Kamis (24/9/2015) digelar pula di Masjid Agung Moscow.



Menurut seorang pejabat, masjid itu dibangun dengan dana US$170 juta, hasil sumbangan dari seorang pengusaha minyak Rusia yang tak mau disebut namanya.

Di samping itu, ada pula sumbangan dari Pemerintah Turki dan donasi dari Pemerintah Palestina. Sampai kini ada enam masjid di Moskow, termasuk Masjid Agung Moscow yang merupakan renovasi dari sebuah masjid tua berlantai dua itu.